Jamuan Makan Kalkun ala Obama-Romney, Sebuah Pelajaran Berdemokrasi

Posted December 5th, 2012 at 9:42 pm (UTC+0)
Leave a comment

Kiriman: Irka Prima Sandana, 2 Desember 2012

Membaca lansiran VOA Indonesia 29.11.2012 yang berjudul “Obama Jamu Romney Makan Siang di Gedung Putih”, Presiden Obama mengundang secara khusus Mitt Romney jamuan makan ala amerika setelah pidato konsesi Mitt Romney. Presiden Obama mengatakan kepada para wartawan bahwa ia tertarik mendengar ide-ide mantan penantangnya dari partai Republik.

Dari hal diatas kita bisa menangkap inspirasi luar biasa untuk kehidupan berdemokrasi di Indonesia bagaimana berdemokrasi secara sehat yang penuh dengan sentuhan tradisi dan kearifan

Baca di http://irkaprimasandana.wordpress.com/2012/12/02/jamuan-makan-kalkun-ala-obama-romney-sebuah-pelajaran-berdemokrasi/

“Penderita Gangguan Jiwa”, Haruskah Lebih Menderita Lagi ??

Posted December 5th, 2012 at 9:41 pm (UTC+0)
1 comment

Kiriman: Anissa Nurmawati, 2 Desember 2012 

“Dirantai di pohon selama lima tahun”. Brrrr?!! Miris banget kan kalau ada kejadian kayak gitu udah terjadi pada saudara kita di bumi ini. Itulah keadaan menyedihkan yang benar-benar dialami oleh seorang pria, kita sebut Ali, di Accra, Ghana. Leo Baidoo, yang mengatakan bahwa dia adalah nabi yang ditugaskan Tuhan untuk menyembuhkan orang sakit dengan segala cara menjelaskan, karena belum bisa menyembuhkan, maka Leo Baidoo merantainya di pohon hingga Tuhan menyembuhkannya.

Jika di Ghana ada yang dirantai di pohon sampai lima tahun, ternyata di Indonesia masih marak dengan aksi memasung orang gila, ckckck. Padahal itu melanggar hukum, hal ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1966 tentang Kesehatan Jiwa.

Baca di http://anissakudou.blogspot.com/2012/11/penderitagangguan-jiwa-haruskah-lebih.html

From the City of Apples to the Big Apple

Posted December 5th, 2012 at 9:37 pm (UTC+0)
Leave a comment

Kiriman: Muhamad Rahmat, 1 Desember 2012 

Sebuah film layar lebar yang diangkat dari novel karya Iwan Setiawan, “9 Summers 10 Autumns”. Selain Malang dan Bogor, film tersebut juga mengambil latar di the Big Apple, New York, kota di mana Iwan menetap selama 10 tahun ini.

Ihsan Tarore, pemenang Indonesian Idol 2006, hadir sebagai pemeran utamanya, memerankan Iwan dewasa. Sementara Iwan kecil diperankan oleh Shafil Hamdi Nawara.

Baca di http://www.fiscuswannabe.web.id/2012/12/APEL.html

Tolak Pemungutan Suara PBB, Israel Tahan Pajak Palestina

Posted December 5th, 2012 at 9:23 pm (UTC+0)
Leave a comment

Kiriman: Meilina Kusuma Wardhani, 5 Desember 2012 

Kamis, 29 November 2012 dewan PBB melakukan pemungutan suara untuk status negara palestina. Sungguh diluar dugaan, sebagian besar negara menyetujui keanggotaan Palestina, hanya 9 negara yang menolak serta 41 negara yang menyatakan abstain. Hal ini tentu saja membuat euforia bagi warga Palestina yang berharap atas perubahan nasib mereka.

Tentu saja keputusan ini membuat Israel merasa tidak puas.  Seperti dilansir VOA pada 3 Desember 2012 lalu, Israel akan melakukan aksi balasan dengan menahan 120 juta dolar pendapatan pajak Palestina.

Baca di http://liennakwardhani.blogspot.com/2012/12/tolak-pemungutan-suara-pbb-israel-tahan_5.html

Program Wira Usaha Untuk Kaum Difabel

Posted December 5th, 2012 at 9:19 pm (UTC+0)
Leave a comment

Kiriman: Raulina Siregar, 5 Desember 2012

Walaupun Indonesia memiliki UU no 4 tahun 1997 tentang penyandang cacat namun dalam pelaksanaanya masih banyak yang belum terealisasi. Paling tidak inilah yang diserukan oleh sebagian kaum difabel dalam rangka memperingati hari difabel internasional pada tanggal 3 Desember lalu dengan cara melepaskan burung sebagai simbol kekebasan dan kesamaan hak (kompas.com).

Masih adanya kaum difabel yang merasa terdiskriminasi baik dibidang pendidikan pendidikan, penyediaan sarana publik maupun dalam mencari pekerjaan. Seperti dalam berita VOA Indonesia masih banyak kaum difabel merasa mengalami diskriminasi dalam mencari pekerjaan karena banyak perusahaan yang menolak mereka.

Baca di http://oraetlabora092012.blogspot.com/2012/12/program-wira-usaha-untuk-kaum-difabel.html

Ballon d’Or, Who Will Get This Award?

Posted December 5th, 2012 at 9:14 pm (UTC+0)
Leave a comment

Kiriman: Fitri Annisa, 4 Desember 2012 

Tanggal 29 November 2012 kemarin, telah diumumkan kandidat tiga besar pemain sepak bola untuk meraih penghargaan prestisius dari FIFA, yaitu Ballon d’Or. Tiga pemain yang terpilih adalah Cristiano Ronaldo dari Portugal, Lionel Messi dari Argentina, serta Andres Iniesta dari Spanyol.

Siapakah yang layak dari tiga pemain ini untuk mendapatkan predikat pemain terbaik FIFA 2012? Ronaldo, Messi, ataukah Iniesta?

Baca di http://fitrindependent.blogspot.com/2012/12/ballon-dor-who-will-get-this-award.html

Mari, Tegakkan HAM dari Nurani

Posted December 5th, 2012 at 9:08 pm (UTC+0)
Leave a comment

Kiriman: Ahmad Masfuful Fuad, 4 Desember 2012

Melihat stagnasi kinerja penegakkan HAM di negeri ini membuat saya memberi catatan terhadap fenomena tersebut. Karena berdasar pernyataan yang diungkapkan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Setara Institute bahwa indeks kinerja penegakan HAM 2012 di Indonesia masih stagnan.

Hal ini sebagaimana yang dikatakan oleh Peneliti Setara Institute Ismail Hasani kepada VOA, Senin (3/12). Ia mengatakan bahwa indeks kinerja penyelesaian pelanggaran HAM masa lalu, penghapusan diskriminasi, kebebasan berekspresi, kebebasan beragama dan berkeyakinan serta pemenuhan hak ekonomi sosial budaya masih sangat rendah.
Oleh karenanya, di dalam postingan saya, akan diulas tentang penegakkan HAM yang sebenarnya bisa diperbaiki oleh pemerintah dengan dukungan seluruh elemen masyarakat dengan dasar dari hati nurani.

Baca di http://aeymanusia.wordpress.com/2012/12/05/mari-tegakkan-ham-dari-nurani/

@America, Pusat kebudayaan Amerika di Indonesia

Posted December 5th, 2012 at 9:03 pm (UTC+0)
Leave a comment

Kiriman: Risanto Darmawan, 4 Desember 2012 

@America, Pusat kebudayaan Amerika di Indonesia Yang merayakan ulang tahun ke dua nya sejak dibuka untuk umum mencatat suatu prestasi yang mengagumkan. Tercatat lebih dari 1800 event yang telah diselenggarakan. Di tanggal 14 Januari 2012 saja telah melayani lebih dari 100.000 pengunjung.

Wow. sungguh menurut saya @America merupakan satu-satunya didunia yang layak mendapat rekor MURI atau malah rekor Guinness World.

Baca di http://my.opera.com/robocop48id/blog/2012/12/02/america-pusat-kebudayaan-amerika-di-indonesia

Telepon Pintar Untuk Masa Depan Yang Lebih Cerdas

Posted December 5th, 2012 at 8:58 pm (UTC+0)
Leave a comment

Kiriman: Angga Astrivo, 4 Desember 2012

Minggu sore lagi santai-santai, sambil membaca berita di website voa indonesia di voaindonesia.com. jadi, karena saya termasuk orang yang “freak” banget dengan teknologi langsung saja pilih menu iptek kemudian lebih khusunya teknologi. tiba-tiba ada satu berita yang sangat menarik perhatian saya. setelah membaca berita yang berjudul “Remaja di AS Kerjakan PR dengan Telepon Pintar“. Sekejap saya langsung teringat bagaimana dengan keadaan di sekitar saya? bagaimana dengan indonesia? lalu bagaimana dengan masa depan indonesia?

Jika anda mendengar kata-kata telepon pintar atau yang kebanyakan orang sebut dengan istilah “smartphone” apa yang terfikirkan di benak anda? Mungkin kebanyakan orang akan memikirkan tentang canggih, mahal, modern, fleksibel. Tapi sebenarnya smartphone merupakan telepon genggam yang mempunyai kemampuan tingkat tinggi, bukan hanya sekedar penggunaan dasar seperti telpon dan sms tetapi fungsinya bahkan hampir menyamai dengan komputer.

Jika kita lihat para pengguna telepon pintar (smartphone) ini khususnya pelajar tidak memanfaatkannya secara bijak,kenapa saya katakan demikian? Mereka membeli smartphone karena ingin dianggap mapan, tidak gaptek ketimbang memanfaatnya secara bijak dan efektif. Budaya ini sangat tidak baik bagi masyarakat kita. Kenapa?

Baca di http://sukasukakuis.blogspot.com/2012/12/telepon-pintar-untuk-masa-depan-yang.html

Joki Mimpi Olimpiade

Posted December 5th, 2012 at 8:52 pm (UTC+0)
Leave a comment

Kiriman: Aria R., 4 Desember 2012 

Sumbawa?? Pertama-tama mendengar kata tersebut apa yang ada di benak anda pertama kali? Susu kuda liar? Susu kuda liar ini tentunya berasal dari susu kuda Sumbawa yang dipelihara dengan cara ekstensif secara liar, yaitu dilepas di hutan atau daerah bukit di pulau Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat, yaitu di kabupaten Sumbawa, Bima, Dompu.

Tradisi balapan kuda ini yang memang merupakan kebudaayaan turun-temurun, yang sangat digemari masyarakat lokal, bahkan kerap kali para wisatawan mancanegara dengan sengaja datang ke Sumbawa untuk melihat balapan kuda ini. Nah, uniknya para joki balap kuda ini, seperti artikel yang di muat di voaindonesia.com, jokinya adalah anak-anak yang masih berumur belasan tahun, bahkan ada yang berumur kurang dari sepuluh tahun. Bahkan dikatakan bahwa ada joki anak-anak ini yang belajar memacu kuda sedari umur lima tahun.

Mungkin agak ekstrem memang ketika kita mendengarnya. Dimana anak-anak seumur ini di kota-kota besar di Indonesia, biasanya masih asyik sibuk belajar piano, ngeles mandarin, maen pe-es, nge-wii, atau malah fesbukan -eh di Sumbawa ini udah latian nge-joki kuda.

Baca di http://quotehill.blogspot.com/2012/12/joki-mimpi-olimpiade.html