Kesetaraan Gender Masih Langka

Posted April 16th, 2012 at 7:08 am (UTC+0)
Leave a comment

Kiriman:  Drs. Munawar Kholil, 15 April 2012

Ketidakadilan gender atau ketidaksetaraan gender masih terjadi di tengah kultur masyarakat saat ini. Gender sebagai pembendaan nilai antara laki dan perempuan sudah ada sejak jaman dahulu seperti pada bangsa Jahiliyah, di mana anak perempuan yang lahir harus dikubur hidup-hidup karena dianggap tidak berguna dan memalukan orangg tuanya sehingga merendahkan martabat orang tuanya di tengah status sosial masyarakatnya.

Sadar atau tidak ternyata di zaman canggih sekarang ini ketidakadilan gender atau ketidaksetaraan gender masih terjadi mulai dari perlakuan buruk terhadap perempuan sampai dengan cara yang halus. Merujuk pada berita VOA pada hari Minggu tanggal, 15 April 2012 yang berjudul “Bayi Perempuan di India Dipukuli Ayahnya Hingga Tewas”.

Kasus yang terjadi dalam berita VOA tersebut disebabkan kultur budaya setempat sebab kalau memiliki anak perempuan memerlukan biaya pernikahan yang sangat besar ketimbang anak laki-laki sehingga anak perempuan berbiaya tinggi yang membuat orang tuanya mengalami tekanan sosial dan membunuh anak perempuannya yang baru berusia 3 bulan.

Baca di:  http://halil-pkn.blogspot.com/2012/04/kesetaraan-gender-masih-langka.html

Leave a Reply