[Dampak] Pertambahan Penduduk Terhadap Stabilitas Produksi Pangan

Posted April 23rd, 2012 at 9:00 am (UTC+0)
3 comments

Kiriman: RIBUT [Ririe Khayan], 21 April 2012 

Jika membahas tentang tingkat kelaparan dan gizi buruk, tentu tak bisa lepas dari angka pertumbuhan penduduk dan akibatnya pada stock produksi pangan [dunia]. Laju pertumbuhan penduduk memberikan dampak secara langsung yaitu meningkatnya (demand) konsumsi bahan pangan dan dampak tidak langsung yakni bertambahnya kebutuhan pemukiman yang otomatis akan mengubah lahan pertanian untuk dijadikan tempat tinggal.

Secara lebih sederhana, sebab dan akibat tersebut seperti multiple efect yang tak terpisahkan. Pertambahan penduduk membutuhkan papan dan pangan, sedang produksi pangan juga sangat tergantung oleh lahan yang saat ini juga mengalami penyempitan karena alih fungsi untuk pemukiman. Krisis pangan sekarang dan di masa mendatang bukan hanya masalah kronis negara-negara miskin, tetapi juga akan jadi masalah serius bagi negara-negara maju dari semua belahan benua.

Tanda-tanda dunia mengalami kekurangan pangan terlihat dari ketidakseimbangan jumlah penduduk dunia dengan produksi pangan global dimana asumsi jumlah penduduk dunia bisa mencapai 9 miliar pada tahun 2045. Kondisi demografi ini membutuhkan produksi pangan dunia yang harusnya naik 70 persen dari produksi saat ini.

Baca di http://www.ririekhayan.com/2012/04/dampak-pertambahan-penduduk-terhadap.html

3 Responses to “[Dampak] Pertambahan Penduduk Terhadap Stabilitas Produksi Pangan”

  1. ririe says:

    Alhamdulillah, akhirnya bisa lolos moderasi jadi peserta kontes ngeBLOG di VOA Indonesia.

  2. alaika says:

    congrats ya Rie….

Leave a Reply