Belajar Menulis Esai Sejak Dini

Posted June 7th, 2012 at 9:46 pm (UTC+0)
Leave a comment

Kiriman: Winarto, 6 Juni 2012

Sebuah berita dari situs VOANews yang berjudul Sekolah di AS Kembangkan Kurikulum Berbasis Esai Murid (29/5) sangat menarik untuk dicermati dan didiskusikan dalam kaitannya dengan ketrampilan menulis esai. Di berita tersebut menyebutkan bahwa One World Education memiliki program untuk mengembangkan kurikulum berdasarkan esai oleh murid-murid SMP dan SMA.

Ide dan program kelompok One World Education itu sangat brilian. Mereka mengikutsertakan murid-murid SMP dan SMA untuk aktif dan terlibat dalam proses perencanaan pendidikan melalui esai yang ditulis berdasarkan minat hingga akhirnya esai tersebut dipilih dan dikembangkan secara professional sebagai kurikulum yang dipakai dan diterapkan secara lebih luas di sekolah-sekolah lain.

Dengan program seperti ini, tantangan yang besar akan menghadang, terlebih berkaitan dengan cara dan metode One World Education untuk mengajak, mengembangkan, melatih dan membimbing siswa-siswa SMP dan SMA untuk menulis esai. Meskipun tantangan muncul di atas muncul, saya yakin bahwa senantiasa jalan apabila ada kemauan.

Baca di http://winarto.in/2012/06/belajar-menulis-esai-sejak-dini/

Leave a Reply