Budidaya Ikan: Solusi untuk Musim Paceklik dan Over Fishing

Posted August 6th, 2012 at 4:25 pm (UTC+0)
2 comments

Kiriman: Ririe Khayan, 3 Agustus 2012 

Membaca tentang Petani Ikan di Yogyakarta Gunakan Panel Surya di VOA Indonesia pada 18-05-2012 yang berisi tentang Pemanfaatan sumber energi alternatif dengan panel surya, dilakukan sejumlah petani di Yogyakarta, untuk memanfaatkan sinar matahari menjadi sumber tenaga listrik bagi penggerak aerator. Dengan penemuan teknologi aerator diharapkan mampu mengurangi kematian bibit benih ikan dan dalam jangka panjang pemanfaatan panel surya akan membawa dampak positif dalam mengurangi ketergantungan atas listrik dari negara. Artinya, petani ikan pun akan bebas dari ketergantungan listrik terhadap pemerintah.

Terjadinya over fisihing selama bertahun-tahun dan pencemaran lingkungan karena banyaknya Industri pengalengan yang tidak dilengkapi oleh instalasi IPAL, secara kompleks telah menyebabkan musim paceklik Ikan yang berkepanjangan di daerah Muncar.
Maka solusi tepat waktu yang cepat, efektif dan efisien adalah dengan menggalakkan sektor budidaya ikan. Dan sektor budidaya ini akan lebih comprehensive hasilnya dengan menggunakan aerator panel surya sehingga cost produksi menjadi lebih rendah dengan tingkat hasil panen yang relatif tinggi.

Baca di http://www.ririekhayan.com/2012/07/budidaya-ikan-solusi-untuk-musim.html

2 Responses to “Budidaya Ikan: Solusi untuk Musim Paceklik dan Over Fishing”

  1. ririe says:

    Alhamdulillah terpilih jadi juara kedua:)

  2. Niar Ningrum says:

    SELAMAT yaa mbak ririe, wah bener2 jagonya kontes :D

Leave a Reply