Joki Mimpi Olimpiade

Posted December 5th, 2012 at 8:52 pm (UTC+0)
Leave a comment

Kiriman: Aria R., 4 Desember 2012 

Sumbawa?? Pertama-tama mendengar kata tersebut apa yang ada di benak anda pertama kali? Susu kuda liar? Susu kuda liar ini tentunya berasal dari susu kuda Sumbawa yang dipelihara dengan cara ekstensif secara liar, yaitu dilepas di hutan atau daerah bukit di pulau Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat, yaitu di kabupaten Sumbawa, Bima, Dompu.

Tradisi balapan kuda ini yang memang merupakan kebudaayaan turun-temurun, yang sangat digemari masyarakat lokal, bahkan kerap kali para wisatawan mancanegara dengan sengaja datang ke Sumbawa untuk melihat balapan kuda ini. Nah, uniknya para joki balap kuda ini, seperti artikel yang di muat di voaindonesia.com, jokinya adalah anak-anak yang masih berumur belasan tahun, bahkan ada yang berumur kurang dari sepuluh tahun. Bahkan dikatakan bahwa ada joki anak-anak ini yang belajar memacu kuda sedari umur lima tahun.

Mungkin agak ekstrem memang ketika kita mendengarnya. Dimana anak-anak seumur ini di kota-kota besar di Indonesia, biasanya masih asyik sibuk belajar piano, ngeles mandarin, maen pe-es, nge-wii, atau malah fesbukan -eh di Sumbawa ini udah latian nge-joki kuda.

Baca di http://quotehill.blogspot.com/2012/12/joki-mimpi-olimpiade.html

Leave a Reply