Indonesia on Sale (?)

Posted November 13th, 2012 at 8:58 pm (UTC+0)
Leave a comment

Kiriman: Lailul Illiyah, 7 November 2012

Iklan “Indonesian Maids Now on Sales!!!” sedang marak diberitakan diberbagai media. Lalu, salah siapa?

Mungkin pada awalnya, kita mengutuk sistem periklanan Negara Tetangga yang (sepertinya) tidak ada fit and propertise sebelum launched di masyarakat. Namun, harusnya kita juga melakukan self reflection, apakah sistem ketenagakerjaan di negara kita sudah fit. Apabila ketidak-fit-an sistem tersebut tetap dipakai oleh Indonesia, dan tetap tidak dilakukan peninjauan yang mendasar, tak ayal jika 10 – 20 tahun mendatang, akan ada selebaran yang menyebutkan “Indonesia on Sale”. Iklan yang mengobral Indonesia sebagai sebuah negara.

Baca di http://lalajawara.blogspot.com/2012/11/indonesia-on-sale.html

Sesama TKI

Posted November 13th, 2012 at 8:57 pm (UTC+0)
Leave a comment

Kiriman: Joice Simanjuntak, 12 November 2012

Beberapa waktu yang lalu gue pernah menulis tentang nasibnya TKI yang keluar negeri di mana waktu itu beritanya juga gak enak buat didengar. Sekali ini, baca beritanya VOA ini duh geram banget, selain tersinggung bacanya, kayanya juga bikin ngajak berantem. Jadi inget gw sama pengalaman gw baru-baru ini.

Yang berbeda adalah, kali ini cukup spesial karena gue terpapar cukup dekat dengan mereka. Di komplek tempat tinggal gw yang sekarang, banyak banget TKI yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga. Ada yang mengurus rumah, ada yang mengurus anak, ada yang mengurus orang jompo, dan lainnya sepertinya.

Memang sih mereka suka malu kalau ketemu gw atau keluarga gw, mungkin merasa rendah diri. Padahal gw ngerasa, gile, gw sama aja kok sama mereka, lagi nyari makan di negerinya orang. Jadi, gw selalu ngajak ngomong duluan kalau udah ngeliat muka Indonesia :) Atau, logat bahasa Inggris yang ke-Indonesia-indonesiaan.

Baca di http://cerewet-cerewet.blogspot.sg/2012/11/sesama-tki.html

Tolong, Sisakan Mangrove untuk Anak Cucu Kami

Posted November 13th, 2012 at 8:53 pm (UTC+0)
Leave a comment

Kiriman: Yoga Setiawan Santoso, 6 November 2012

Tak heran saat membaca berita di VOA Indonesia tentang berkumpulnya delegasi negara-negara ASEAN di Surabaya tanggal 5 November lalu terkait dengan penanganan kerusakan hutan bakau di ASEAN, khusunya di Indonesia. Alasannya, sudah jelas, kerusakan hutan bakau di negara kita ini sudah melebihi setengah dari luas keseluruhannya. Parah sekali.

Bayangkan, selama 6 tahun terakhir luas hutan bakau Indonesia berkurang dari 7,7 (2006) menjadi 3,6 juta ha (2011). Lebih dari setengah. WOW! Akibatnya, beraneka ragam tumbuhan dan satwa terancam habitatnya. Harapannya dengan mempertahankan sisa yang ada dan menambah areal konservasi baru, bisa menjadikan tabungan bagi anak cucu kita nanti.

Baca di http://yogas09.student.ipb.ac.id/tolong-sisakan-mangrove-untuk-anak-cucu-kamii/

Perubahan Iklim Itu Nyata?

Posted November 8th, 2012 at 11:22 pm (UTC+0)
Leave a comment

Kiriman: Syahrul Rizal M, 6 November 2012 

Ulah manusia dipercaya menjadi penyebab perubahan iklim yang sedang terjadi saat ini atau yang sering disebut sebagai pemanasan global. Akibatnya suhu rata-rata permukaan bumi menjadi naik dan cuaca ekstrem menjadi sering terjadi. Contoh cuaca ekstrem yang baru-baru ini terjadi seperti yang diberitakan oleh VOA Indonesia tentang Beijing yang memberlakukan siaga badai tertinggi kedua setelah ibukota Tiongkok itu dihantam badai salju dini yang tidak biasanya dalam berita yang berjudul “Beijing Dihantam Badai Salju Lebih Dini“ (04.11.2012). Dan berita yang menjadi pusat perhatian dunia mengenai Badai Sandy yang menghantam Amerika yang menyebabkan sedikitnya 15 korban jiwa, banjir, rusaknya bangunan, putusnya jaringan listrik dan kerugian ekonomi yang cukup besar seperti yang dilaporkan oleh VOA Indonesia dalam video “Dampak Kerugian Badai Sandy – Laporan VOA 31 Oktober 2012″

Perubahan iklim tampaknya memang benar-benar sedang terjadi. Tapi apakah perubahan iklim ini terjadi karena ulah manusia semata dan akan masih berlangsung selama beberapa tahun mendatang dan kita dapat mencegahnya? Jawabannya mungkin hanya Tuhan yang tahu.

Baca di http://illumiarzia.wordpress.com/2012/11/06/perubahan-iklim-itu-nyata/

 

Indonesia Lebih Suka ‘Telan’ Minyak Ketimbang Biofuel

Posted November 8th, 2012 at 11:16 pm (UTC+0)
Leave a comment

Kiriman: Subkhan Agung Sulistio, 6 November 2012

Mestinya kita banyak-banyak bersyukur, karena dilahirkan di atas tanah bumi pertiwi Indonesia. Tanah yang subur dan kaya akan sumber daya air, menjadikan negeri ini seharusnya menjadi bangsa dan negara yang besar. Namun sayang, potensi kesuburan tanah dan air di negeri Indonesia kurang dimanfaatkan secara optimal guna kesejahteraan masyarakatnya.

Iri hati menjangkit diri saya, saat membaca berita di halaman www.voaindonesia.com yang berjudul “Peneliti Michigan Ubah Lumut Jadi Minyak Mentah dalam 60 Detik”. Pasalnya, lagi-lagi Amerika berhasil menciptakan bahan bakar alternatif pengganti bahan bakar fosil, seperti minyak bumi, gas bumi dan batubara.

Saya yakin, penemuan ini akan segera direalisasikan segera oleh pemerintah Amerika, karena saat ini negeri paman sam ini sedang giat melakukan pengembangan teknologi terbaru untuk memproduksi energi dari sumber-sumber daya terbarukan dan ramah lingkungan.

Baca di  http://subkhanagungsulistio.blogspot.com/2012/11/indonesia-lebih-suka-telan-minyak.html

Budaya Minoritas di Era 2.1

Posted November 8th, 2012 at 10:45 pm (UTC+0)
Leave a comment

Kiriman: Adek Risma Dedees, 6 November 2012

Budaya minoritas di tangan media di tengah arus globalisasi, modernisasi, serta kapitalisme satu sisi mungkin ingin membuka peluang untuk berekspresi, berbicara, dan menyampaikan keinginan, tapi pada sisi lain di tangan media budaya minoritas bisa saja menjadi artefak komoditi dan dengan ideologi ingin ‘menginsafkan’ karena dianggap miskin, kekerasan, dan terbelakang.

Baca di http://adekrismadedees.blogspot.com/2012/11/budaya-minoritas-di-era.html

Kuliah Gratis di Universitas Terbaik Dunia

Posted November 8th, 2012 at 10:16 pm (UTC+0)
1 comment

Kiriman: Muhammad Ryan Kurnia, 6 November 2012 

T ulisan saya ini mengenai kursus online gratis yang diselenggarakan oleh sejumlah universitas terkemuka dunia. Pertama kali saya mengetahuinya ketika membaca salah satu berita di website VOA Indonesia pada September lalu.

Saya merasa program tersebut sangat menarik dan patut dibahas. Oleh karena itu, saya kemudian menulis artikel yang diberi judul Kuliah Gratis di Universitas Terbaik Dunia. Mungkin tulisan tersebut singkat, namun semoga dapat menginspirasi.

Baca di http://catatanryankurnia.wordpress.com/2012/10/29/kursus-gratis-di-harvard-atau-mit/

Hanya Sebuah Kesempatan, Penerimaan dan Kepercayaan yang Mereka Butuhkan

Posted November 6th, 2012 at 2:45 am (UTC+0)
Leave a comment

Kiriman: Ida Siregar, 5 November 2012  

Tidak seorangpun di dunia ini yang menginginkan lahir dari keluarga miskin semuanya menginginkan lahir dari keluarga yang berkecukupan ataupun sejahtera.  Tetapi sayangnya kita tidak bisa memilih siapa yang menjadi orang tua kita dan yang menjadi keluarga kita.  Bagi anak-anak yang lahir dari keluarga miskin pastilah hidupnya lebih berat dari anak-anak yang keluarganya berkecukupan.  Anak-anak dari keluarga miskin ini mungkin dipaksa untuk membantu orang tuanya untuk bekerja.  Maka tidak heran lagi kalau sehari-hari kita melihat banyak anak – anak yang menjadi pengamen dan pengemis di jalan.

Orang-orang yang memberikan aksi nyata untuk menolong anak-anak miskin dan kaum difabel ini, merekalah yang bisa disebut sebagai orang-orang yang peduli. Contohnya, kepedulian seorang warga Vietnam akan masa depan anak-anak muda dari keluarga miskin dengan mendirikan restoran yang memperkerjakan anak-anak miskin,  dan juga keperdulian warga Palestina akan kaum tuna rungu dengan memperkerjakan kaum tuna rungu ini di sebuah restoran yang pengelolanya semua tuna rungu.

Baca di http://agrace2011.blogspot.com/2012/11/hanya-sebuah-kesempatan-penerimaan-dan.html

Badai Sandy dan Pemanasan Global

Posted November 6th, 2012 at 2:43 am (UTC+0)
Leave a comment

Kiriman: Pipit Febriana, 15 November 2012

Badai Sandy yang mulai mendekati pantai timur Amerika Serikat sejak Sabtu 28 Oktober 2012 lalu telah melumpuhkan aktivitas warga dan perekonomian dunia yang menyebabkan putusnya aliran listrik untuk jutaan warga di pantai timur AS dan New Jersey.

Salah satu warga Indonesia yang menetap di Amerika Serikat pun tak luput dari rasa khawatir. Melansir Liputan Berita VOA tayangan 2 November 2012 – Warga Indonesia dan Badai Sandy, membuat saya merinding membayangkan hebatnya badai sandy meluluhlantakan negara super power itu. Untuk itu, marilah kita menjaga lingkungan sekitar di mulai dari rumah kita sendiri untuk mengurangi pemanasan global.

Baca di http://pipitfebri.blogspot.com/2012/11/badai-sandy-dan-pemanasan-global.html

Wow, Lumut sebagai Bahan Bakar Alternatif

Posted November 6th, 2012 at 2:43 am (UTC+0)
Leave a comment

Kiriman: Aranta Prizzi Salsabila Aqurdah, 5 November 2012 

Malam tadi saya membaca sebuah artikel di www.voaindonesia.com yang berjudul ”Peneliti Michigan Ubah Lumut Jadi Minyak Mentah dalam 60 Detik“. Berita ini ditulis pada “02.11.2012″
Dalam berita tersebut diungkapkan bahwa Profesor Universitas Michigan itu bersama para mahasiswa doktoralnya berhasil memisahkan lumut dengan minyak mentahnya hanya dalam waktu satu menit.
Sesaat setelah membaca keseluruhan artikelnya saya merasa optimis. Keyakinan akan hadirnya energi alternatif dengan bahan baku yang mudah ditemukan semakin besar. Apalagi jika energi alternatif tersebut mampu menjadi salah satu yang ramah terhadap lingkungan. Lumut adalah sumber daya alam yang dapat dipanen setidaknya per sepuluh hari. Di Indonesia sendiri kita memiliki lebih dari 5.000 jenis lumut. Jadi, tidak akan sulit untuk mencarinya.

Baca di http://lyliwolfire.blogspot.com/2012/11/wow-lumut-sebagai-bahan-bakar-alternatif.html