Aktivis dan Wartawan Lirik Pesawat Tak Berawak untuk Ungkap Pelanggaran dalam Tinjauan Hukum Internasional

Posted February 10th, 2012 at 10:22 am (UTC+0)
9 comments

Kiriman: Muhammad Fadli, 9 Februari 2012

Sangat menarik berita yang dirilis dalam www.voanews.com pada Hari Sabtu tanggal 4 Februari 2012 dengan judul “Aktivis dan Wartawan Lirik Pesawat Tak Berawak untuk Ungkap Pelanggaran”. Berita tersebut merilis tentang para aktivis Hak Asasi Manusia (HAM,) kelompok-kelompok lingkungan dan wartawan kian mengalihkan perhatian mereka kepada pesawat-pesawat tak berawak untuk mengungkap berbagai kasus pelanggaran. Era perkembangan teknologi militer saat ini yang berkembang semakin pesat melahirkan sebuah inovasi baru yaitu, pesawat tanpa awak atau drone. Pesawat jenis ini banyak digunakan sebagai pesawat intai dalam dunia militer dan untuk melancarkan serangan militer.

Berdasarkan laporan dari wartawan VOA Nico Colombant dari Washington melaporkan tentang bagaimana pesawat-pesawat terbang tak berawak itu digunakan bukan saja oleh pemerintah negara-negara untuk misi pengintaian dan melancarkan serangan militer. Akan tetapi pesawat tanpa awak tersebut kini digunakan dalam fungsi lain di luar dari kegiatan militer yang kini juga digunakan dalam dunia jurnalisme sebagaimana dalam sebuah video Youtube baru-baru ini, pesawat tanpa awak yang disebut RoboKopter dilengkapi kamera video terbang di atas gelombang demonstran dan polisi anti huru-hara Polandia di Warsawa Begitupula diberitakan bahwa sebuah situs internet bernama Future Journalism Project menggarisbawahi peliputan tersebut.

Baca di http://fadlilaw.blogspot.com/2012/02/aktivis-dan-wartawan-lirik-pesawat-tak.html

9 responses to “Aktivis dan Wartawan Lirik Pesawat Tak Berawak untuk Ungkap Pelanggaran dalam Tinjauan Hukum Internasional”

  1. AP says:

    kalau menurutku, pesawat tak berawak masih banyak kemungkinan untuk gagal dalam meliput
    karena ukuran masih lumayan besar, boleh jadi persawat tersebut bisa dihancurkan sebelum memperoleh data(gambar atau video)..
    ada suatu technology for currently, dikembangkan yaitu
    robot kupu2
    yang juga bisa berfungsi sebagai pengintai
    ada juga robot mirip lalat(ukurannya lurang leebih 5mm persegi),, animal artificial ini bisa berpura- pura terbang ke daerah yang akan diliput dan meliput secara lengkap suatu kejadian,
    apalagi era sekarang which is nano technology, zaman serba kecil(ukuran technology chip yang semakin kecil), memungkinkan kita untuk melakukan hal yang besar..

  2. mario says:

    inovasi yang bagus untuk mengetahui pelanggaran HAM, maju terus para aktivis HAM

  3. fathan says:

    dunia jurnalis smakin berkembang sj, ndak usah repot2 kesana kemari, cukup dng pesawat tak berawak ini sj, good job…….

  4. Fadilah says:

    great!!!tp bs tdk pesawtnya digunakan di kedokteran forensik??? sepertinya menarik!!!hehehehe:D

  5. Fadilah says:

    great!!!sangat menarik apalg kalo bs digunakan jg dlm bidang forensik..hehehehe 😀

  6. nhunu says:

    info yang keren,… lanjutkaaaaan!!!!!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *