Meningkatkan Budaya Baca Masyarakat Indonesia

Posted June 22nd, 2012 at 8:42 pm (UTC+0)
Leave a comment

Kiriman: M. Nurul Ikhsan Saleh, 22 Juni 2012

Aktivitas membaca dalam masyarakat sangatlah penting. Ia menjadi salah satu kegiatan bahasa yang amat vital dalam masyarakat modern dan lebih-lebih di kalangan akademisi. Dari sinilah peringatan Hari Buku Nasional yang jatuh pada bulan kemarin, 17 Mei 2012, menjadi penting untuk selalu kita refleksikan, terlebih oleh masyarakat Indonesia.

Masyarakat kita masih rendah minat bacanya, maka hendaknya minat baca (kegemaran) harus terus ditumbuhkan di kalangan masyarakat, terlebih sejak masih kanak-kanak. Salah satu terobosan baru yang patut ditiru dan diapresiasi adalah sebuah langkah konkret oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) AS dengan membangun perpustakaan bagi anak-anak di Indonesia.

Seperti dilansir oleh VOA (Voice of Amerika) Indonesia hari ini, Jumat 22 Juni 2012 berjudul “LSM AS Bangun Perpustakaan bagi Anak-anak di Indonesia”. Mereka membangun perpustakaan sejak tahun 2009 yang tersebar di beberapa daerah Indonesia, seperti di Padang, Sidoarjo dan Bali.

Semoga masyarakat juga pemerintah Indonesia semakin tergugah oleh kerja-kerja sosial seperti yang dilakukan LSM AS untuk lebih giat dalam menyediakan bahan bacaan untuk masyarakat. Sampai bulan Juni 2012, LSM AS tersebut telah mampu membangun 49 perpustakaan bagi anak-anak dan 26 perpustakaan bagi orang tua. Mereka melakukan langkah mulia, demi menggugah budaya baca masyarakat bisa tumbuh. Karena itu, peran serta mereka dalam menyediakan bahan bacaan perlu didukung sepenuhnya oleh masyarakat sekitar dengan mempergunakan perpustakaan yang mereka bangun dengan sebaik-baiknya.

Baca di http://mnurulikhsansaleh.blogspot.com/2012/06/meningkatkan-budaya-baca-masyarakat.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *